Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daihatsu Genjot Penjualan Lewat GIIAS Kota Bandung

Jawa Barat menjadi kontributor penjualan otomotif terbesar kedua secara nasional yang menyumbang 15,6% atau lebih dari 80.000 unit.
Kepala Wilayah Astra Daihatsu Jawa Barat Michael Hendro
Kepala Wilayah Astra Daihatsu Jawa Barat Michael Hendro

Bisnis.com, BANDUNG - Daihatsu menargetkan mampu mencapai target penjualan hingga 21.000 unit pada 2024. Salah satu akseleratornya yakni GIIAS 2024 di Kota Bandung.

Kepala Wilayah Astra Daihatsu Jawa Barat Michael Hendro mengakui Jawa Barat menjadi market potensial untuk penjualan produk otomotif.

Hal tersebut tergambar dalam data POLREG hingga Juli 2024, dari penjualan otomotif nasional mencapai sekitar 515.000 unit, Jawa Barat menjadi kontributor penjualan otomotif terbesar kedua secara nasional yang menyumbang 15,6% atau lebih dari 80.000 unit.

Namun, ia mengkaui memang pada Semester I 2024, terjadi perlambatan konsumsi masyarakat untuk sektor otomotif ini. Pasalnya, terjadi pengetatan pengajuan kredit kendaraan bermotor di sebagian besar industri pembiayaaan.

"Skema pembiayaan kredit memberikan kontribusi yang sangat besar, sekitar 80% dari penjualan mobil Daihatsu dilakukan dengan skema kredit. Melihat hal tersebut dengan adanya klasifikasi yang lebih diperketat dari para lembaga pembiayaan sehingga proses penjualan mobil Daihatsu harus mulai menyesuaikan klasifikasi yang diberikan oleh para lembaga pembiayaan," ujar Michael saat ditemui Bisnis di Calluna All Day, Kota Bandung, Selasa (24/9/2024).

Data retail sales Daihatsu Jawa Barat pada tahun 2024, penjualan mobil Daihatsu mengalami penurunan sebesar 15% dari tahun 2023. Diimbangi dengan jumlah market share mencapai 15,38%.

"Di Jawa Barat sendiri penurunan penjualan mobil Daihatsu masih dapat dinilai wajar karena pada penjualan mobil Daihatsu jika dilihat dari penjualan secara segmentasinya masih dapat mempertahankan market share sekitar 22,46%," katanya.

Adapun nilai kontribusi penjualan mobil Daihatsu tahun 2024 masih didominasi dengan penjualan mobil Daihatsu Sigra sebanyak 5.069 unit atau 41%, diikuti oleh Daihatsu Ayla sebesar 1.676 unit atau 14% dan Daihatsu Grandmax Pickup 1.573 unit atau 13%.

Kendati demikian, Michael tetap optimis untuk mencapai target penjulan mobil Daihatsu di Jawa Barat hingga akhir tahun 2024 mencapai 21.000 unit. 

"Memang tidak mudah untuk mencapai target tersebut akan tetapi saya tetap optimis untuk mencapainya dengan berbagai aktivitas-aktivitas yang berbeda untuk tetap mendongkrak penjualan salah satu contohnya adalah menggandeng olx mobbi untuk memberikan program trade in atau tukar tambah untuk mendapatkan mobil baru," ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengikuti kegiatan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024 yang akan berlangsung di Sudirman Grand Ballroom Bandung pada tanggal 25 - 29 September 2024.

"Jangan lupa teman-teman untuk menghadiri pameran GIIAS 2024 di Kota Bandung, kami akan menampilkan 3 unit mobil untuk di pamerkan diantaranya mobil Daihatsu Ayla, Xenia ADS, dan Rocky Crossfield. Nikmati juga beragam promo selama pameran mulai dari Lucky DIP, Diskon Spesial, Paket Kredit, dan lainnya" ajaknya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper