Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isi Kuliah Umum di IPDN, Bahlil Minta Lulusan Harus Cakap Soal Investasi

Lulusan IIPDN harus mulai memiliki kecakapan mengenai sektor investasi, karena sektor ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

Bisnis.com, BANDUNG — Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meminta lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) harus mulai memiliki kecakapan mengenai sektor investasi.

Pasalnya, sektor ini menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Praja IPDN sekarang jangan lagi cuma berpikir menjadi lurah, camat, Sekda, Kepala Dinas, tapi harus mulai terjun ke bisang investasi,” jelas Bahlil saat mengisi materi dalam kuliah umum di IPDN Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (11/7/2024).

Satu di antaranya adalah hilirisasi yang diyakini dia akan membantu mewujudkan cita-cita Indonesia emas pada 2045. Menurutnya, hilirisasi merupakan salah satu jalan untuk menciptakan sumber pendapatan negara.

“Kalau kita mau menuju Indonesia emas, pertumbuhan ekonomi kita harus di atas 7%. Pendapatan per kapita kita harus di atas US$10.000 GDP kita harus 5-6 terbesar di dunia. Oleh karena itu dibutuhkan mesin pendongkrak ekonomi,” ujar Bahlil.

Menurut Bahlil, salah satu mesin pendongkrak ekonomi adalah hilirisasi. Ia mengungkapkan, Kementerian Investasi membuat “Desain Besar untuk Hilirisasi”, baik di sektor migas, mineral dan batu bara, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan pertanian.

“Kita menciptakan nilai tambah di sini, supaya menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau lapangan pekerjaan tercipta, hilirisasi terbangun, pendapatan negara naik, upah naik, gaji pegawai negeri juga naik,” imbuhnya.

Untuk itu, Bahlil mengatakan pihaknya telah mendorong untuk setiap investasi yang masuk ke daerah, wajib berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha dan UMKM-UMKM di daerah.

“Orang daerah harus menjadi tuan di negeri sendiri, jangan jadi penonton. Tugas nanti praja-praja yang baru selesai pulang jadi pegawai daerah, tolong tuntun teman-teman yang baru selesai sekolah untuk menjadi pengusaha supaya mereka bisa membangun daerah dan ekonominya bisa dikuasai sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor IPDN Hadi Prabowo mengungkapkan hilirisasi adalah merupakan proses transformasi ekonomi berkelanjutan yang mendasarkan pada komoditas bernilai tambah tinggi guna memasuki struktur ekonomi yang lebih kompleks.

“Hilirisasi diharapkan bisa meningkatkan produktivitas, nilai tambah, sehingga kita bisa mampu meningkatkan nilai rantai pasok industri kemudian kita bisa melindungi komoditas kita dari gejolak harga kemudian kita bisa mencapai puncak pohon industri dan tentu mendukung kekuatan ekonomi dalam negeri,” pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper