Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Terbaru Pilkada Kota Cimahi: Ngatiyana dan Dikdik Bersaing Ketat

Survei dilakukan pada 3-7 Juli 2024, dengan melakukan wawancara tatap muka terhadap 500 responden yang tersebar di 15 kelurahan terpilih di tiga Kecamatan.
Direktur Riset Cyrus Network Dasman Ashar Affandi
Direktur Riset Cyrus Network Dasman Ashar Affandi

Bisnis.com, BANDUNG - Hasil survei yang dilakukan lembaga Cyrus Network periode 3-7 Juli 2024, menunjukkan elektabilitas bakal calon Wali Kota Cimahi pada Pilkada Serentak 2024 masih didominasi oleh dua nama, Ngatiyana dan Dikdik Suratno Nugrahawan.

Direktur Riset Cyrus Network Dasman Ashar Affandi menjelaskan dalam simulasi banyak nama, Ngatiyana unggul tipis, jaraknya masih dalam rentang margin error.

Namun ketika simulasi mulai dikerucutkan menjadi empat nama, selisih angka keunggulan Ngatiyana mulai melebar.

Misalnya pada simulasi 4 nama dengan menyertakan Ahmad Zulkarnaen. Ngatiyana unggul 39,6%, Dikdik Suratno 34,4 %, Ahmad Zulkarnaen 17,8 %, Adhitia Yudistira 5,2%, belum memutuskan 2,0%, tidak memilih 0,6%, tidak menjawab/rahasia 0,4 %.

Begitu juga pada simulasi 4 nama dengan menyertakan Bagja Setiawan. Ngatiyana memperoleh 43,6%, Dikdik Suratno 40,2%, Adhitia Yudhistira 7,6%, Bagja Setiawan 3,8%, belum memutuskan/ragu-ragu 3,0%, tidak memilih 1,4%, tidak menjawab/rahasia 0,4%,

"Dari data elektabilitas, terlihat kompetisi ketat antara Ngatiyana dengan Dikdik. Karena itu pilihan pasangan dan strategi kampanye yang nanti dilakukan akan sangat menentukan," ujar Dasman.

Simulasi Pasangan

Ketika dilakukan simulasi berpasangan, Cyrus Network mencoba membuat simulasi tiga pasangan dengan berbagai variasi. Hasilnya pasangan Ngatiyana-Adhitia selalu mendapat elektabilitas teratas.

Misalnya pada simulasi pertama :
Ngatiyana-Adhitia Yudistira 48,6 %
Dikdik Suratno Nugrahawan-Bilal Insan Muhammad Priatna 34,6%
Achmad Zulkarnain-Edi Sartono 13,8 %
Belum memutuskan/masih ragu/tidak tahu 2,2%
Tidak Memilih 0,8%
Tidak Menjawab/Rahasia 0,2%

Simulasi tiga pasang versi kedua :
Ngatiyana Adhitia Yudistira 52,4%
Dikdik Suratno- Edi Sartono 37%
Bagja Setiawan- Bilal Insan M Priatna 6,8%
Belum memutuskan 2,6%
Tidak memilih 1,0%
Tidak menjawab/rahasia 0,2%.

Pada simulasi 3 pasangan baik versi pertama maupun ke dua, ketika calon Wakil Wali Kotanya diganti dengan kandidat lain, hasilnya tidak banyak berubah. Pasangan Ngatiyana-Adhitia Yudistira selalu unggul.

Survei Cyrus Network ini dilakukan pada periode 3-7 Juli 2024, dengan melakukan wawancara tatap muka terhadap 500 responden yang tersebar di 15 kelurahan terpilih di tiga Kecamatan di Cimahi.

Penarikan sample menggunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan (significant level) 95% dengan margin of error +/- 4 %.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper