Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahapan Kampanye Pilgub Jabar Harus Jadi Ajang Adu Gagasan

Pilgub Jabar 2024 memasuki tahapan masa kampanye hingga 23 November mendatang. diharapkan berlangsung damai dan tidak ada intimidasi.
Deklarasi kampanye damai Pilgub Jabar 2024
Deklarasi kampanye damai Pilgub Jabar 2024

Bisnis.com, BANDUNG—Pilgub Jabar 2024 memasuki tahapan masa kampanye hingga 23 November mendatang. diharapkan berlangsung damai dan tidak ada intimidasi.

Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin turut memberikan pesan agar para paslon berkampanye dengan damai tanpa ada tekanan dan intimidasi.  

"Ya ini kan sudah Pilkada damai, Pilkada ini harus jadi pesta demokrasi, jangan ada tekanan dan intimidasi," ujar Bey di Bandung, Rabu (25/9/2024).

Bey mengharapkan para pasangan calon gubernur berkampanye dengan menonjolkan visi dan misi serta beradu gagasan untuk menggaet para pemilih, bukan sebaliknya melakukan intimidasi serta memberikan tekanan. 

"Jangan ada tekanan, dan intimidasi, jadikan ajang adu ide dan gagasan," katanya. 

Sebelumnya, Bey menegaskan bakal memberikan sanksi terhadap ASN yang tidak netral dalam Pilkada 2024. Ia memastikan, tidak akan basa-basi dan tebang pilih dalam menegakan aturan netralitas. 

"Saya tidak basa-basi tentang azas dan netralitas ini," ujar Bey Machmudin saat Sosialisasi Netralitas ASN garapan Badan Kepegawaian Daerah Jabar bersama Dinas Kominfo yang dilakukan secara daring dalam, Rabu (10/7/2024). 

Bey meminta komitmen para ASN dengan menunjukkan integritasnya sebagai abdi negara dan abdi rakyat, dengan tidak terlibat sama sekali dalam percaturan politik.  Hak politik ASN sebagai warga negara, kata Bey, hanya bisa disalurkan di bilik suara pada hari pencoblosan, dan tidak ditunjukkan dalam keseharian apalagi sampai terekam di media sosial. 

"Kalau saya bicara netral, ya harus netral. Tidak perlu kita memihak atau berpihak," tegasnya.

Pilgub Jabar diikuti empat paslon yaitu, pasangan nomor urut 01, Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina diusung oleh PKB. Kemudian nomor 02, Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja dari PDI Perjuangan.

Sementara, pasangan nomor urut 03, Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie diusng NasDem, PKS, PPP. Pasangan nomor urut 04, Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) berisi Partai Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PSI, Partai Buruh, Perindo, Gelora, PBB, Garuda, PKN. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper