Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aher Punya KCR, Ridwan Kamil Kredit Mesra, Bey Siapkan Kredit Caang

Kredit Caang dipersiapkan untuk membantu permodalan usaha mikro juga menggerakkan ekonomi masyarakat juga menghindari dari jerat pinjaman online dan rentenir.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin (kanan)
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin segera meluncurkan skema kredit baru bernama Kredit Caang yang akan menyasar pelaku usaha ultra mikro.

Sekda Jabar Herman Suryatman mengatakan pihaknya mempersiapkan skema pembiayaan tersebut untuk membantu permodalan usaha mikro juga menggerakkan ekonomi masyarakat juga menghindari dari jerat pinjaman online (pinjol) dan rentenir.

“Kami sedang siapkan skema nanti ada alokasi seperti kredit mesra, tapi kita kasih subsidi bunga sehingga lebih ringan dan menggairahkan ekonomi perempuan terutama yang mengembangkan usaha di super mikro,” ujar Sekda Herman di Gedung Sate, Bandung, Selasa (16/7/2024).

Selain Bank BJB dengan program KUR super mikro untuk perorangan dan program Kredit Mesra bagi kelompok usaha, Pemprov Jabar juga tengah melobi Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) seperti Mandiri, BNI, BRI dan lainnya, untuk membuka akses paramodular bagi masyarakat.

"Kami sudah komunikasi dengan BJB dan Himbara, ada Mandiri, BRI dan sebagainya yang udah concern. BJB sudah concern, ada KUR super mikro untuk perorangan dan kredit mesra untuk kelompok," katanya.

Sekda berharap dengan banyaknya varian skema pembiayaan ini masyarakat bisa mengakses pembiayaan dengan beban bunga yang lebih ringan untuk memulai usaha.

"Mudah-mudahan bisa memberikan subsidi bunga. Sehingga masyarakat, satu sisi bankable, sisi lain sangat ringan. Mudah-mudahan 3-5 persen jasanya," tuturnya.

Dia yakin dengan skema bunga yang rendah, maka bisa membantu perekonomian warga terutama ibu-ibu di 6.000 desa di Jawa Barat. "Seperti apa desainnya, ini sedang kami bahas. Jadi kredit yang berbasis kerakyatan akan kita optimalkan, ditambah lagi kredit caang," ujarnya.

Skema pembiayaan berupa kredit mikro sudah digagas sebelumnya sejak era Gubernur Jabar Ahmad Heryawan lewat Kredit Cinta Rakyat. Pada era Ridwan Kamil, diluncurkan pembiayaan Kredit Mesra.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper