Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Sumedang Tuntaskan Persoalan Kontinuitas Produksi Mangga Gedong Gincu

Pemkab Sumedang memastikan produktivitas petani mangga gedong gincu bisa konsisten mengingat rencana ekspor yang akan mulai dilakukan November 2024 mendatang.
Perkebunan mangga gedong gincu/Bisnis
Perkebunan mangga gedong gincu/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kabupaten Sumedang memastikan produktivitas petani mangga gedong gincu bisa konsisten mengingat rencana ekspor yang akan mulai dilakukan November 2024 mendatang.

Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan untuk tahap pertama, pengiriman mangga gedong gincu produksi petani Sumedang akan dilakukan ke Jepang.

Menurut Yudia, Pemda Sumedang siap untuk segera merealisasikan ekspor mangga gedong gincu ke Jepang. 

"Pemda Sumedang bersama Injabar Unpad siap akan mengekspor mangga gedong gincu ke Jepang. Dalam pertemuan tadi,  kami membahas terkait bagaimana Sumedang bisa menyediakan mangga gedong gincu secara kontinyu," ujar Yudia, Rabu (24/7/2024).

Yudia menyebutkan, langkah yang akan dilakukan oleh Pemda Sumedang di antaranya adalah menyiapkan pembinaan terhadap petani mangga gedong gincu agar mampu konsisten memroduksi mangga gedong gincu.

"Nanti kalau sudah disiapkan buyernya kemudian juga konsorsiumnya, maka Pemda akan menyiapkan pembinaan terhadap para petaninya," ujarnya.

Nantinya, jika skala usaha petani mangga gedong gincu bisa meningkat dengan orientasi ekspor, petani akan didorong untuk tidak hanya menjaga kuantitas agar bisa menjaga pasokan, tapi juga meningkatkan kualitas mangga tersebut akan sesuai standar.

"Manfaat dari ekspor ini, selain untuk meningkatkan pendapatan para petani, juga bisa memberdayakan petani gedong gincu untuk lebih diajarkan terkait dengan perdagangan modern, nantinya para petani akan diajarkan bagaimana mempersiapkan ini semua, dan bagaimana memelihara kualitas mangga gedong gincu supaya lebih bisa diterima oleh negara-negara lain," tuturnya.

Selain itu Yudia mengungkapkan, saat ini Kabupaten Sumedang sedang gencar-gencarnya melaksanakan program penghapusan kemiskinan ekstrem. Sehingga ia berharap aktivitas ekspor komoditas mangga gedong gincu ini bisa mendongkrat perekonomian petani.

"Karena saat ini sedang getol untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem. Saya berharap dengan ekspor ini para petani akan sejahtera, dan pertumbuhan ekonomi di Sumedang bisa meningkat," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper