Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cagub Jabar Jeje Wiradinata Janjikan UMKM Naik Kelas, Siapkan Jurus Sukses Pimpin Pangandaran

Bupati Pangandaran nonaktif ini menginginkan agar para pelaku UMKM ini bisa tumbuh dan bisa mengimbangi dengan para pelaku usaha lainnya.
Jeje Wiriadinata
Jeje Wiriadinata

Bisnis.com, BANDUNG--Calon Gubernur Jawa Barat, nomor urut 02, Jeje Wiriadinata berkampanye di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, Kamis (3/10/2024). 

Jeje yang diusung PDIP mendatangi beberapa pedagang mulai dari penjual beras hingga buah-buahan. Ia juga menyapa dan memperkenalkan diri sebagai Calon Gubernur Jawa Barat kepada para pedagang yang ditemuinya.

Bupati Pangandaran nonaktif ini menginginkan agar para pelaku UMKM ini bisa tumbuh dan bisa mengimbangi dengan para pelaku usaha lainnya. Menurutnya upaya yang pernah diterapkan selama menjadi Bupati Pangandaran akan dilakukan.

"Saya ini memimpin sebuah kabupaten namanya Pangandaran, penduduknya ini 426 ribu tapi yang datang 4 juta. Ekonomi kita tumbuh hampir sama dengan Bandung, bahkan bagusan kita," katanya. 

Jeje membanggakan dirinya yang mampu mengatur tingkat ketimpangan pendapatan, kekayaan, dan konsumsi masyarakat Pangandaran yang memiliki keunggulan pariwisata.

"Yang kedua di sana itu (Pangandaran) gini ratio paling kecil se-Jawa Barat, kenapa? Karena wisata itu merasakan kemanfaatan. Nah tentu itu harus menjadi kajian kita nanti," jelasnya. 

Jeje memastikan akan mengeluarkan semua jurus-jurus jitunya yang sudah ditetapkannya di Pangandaran ke tingkat Jawa Barat, jika nantinya terpilih sebagai gubernur bersama pasangannya, Ronal Surapradja. 

"Artinya, di Pangandaran karena tidak ada gini ratio, salah satunya rakyat bergerak berjualan UMKM dan sebagainya. Ini kekuatan ekonomi yang luar biasa. Ada satu wilayah yang pertumbuhannya bagus tapi kesenjangan tinggi. Jadi yang kaya, kaya yang miskin, miskin," katanya. 

"Kita buat satu pergerakan ekonomi yang melibatkan semuanya kan begitu. Salah satunya bagaimana UMKM ini diberi ruang, sehingga masyarakat ini tingkat pengangguran menjadi kecil gini rasionya juga menjadi kecil," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper