Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Lajur Ketiga Tol Cipali Selesai Akhir Desember 2024

Pembangunan menjadi tiga jalur itu akan dilakukan untuk arah Jakarta menuju Cirebon maupun sebaliknya.
Tol Cipali/Bisnis-Rachman
Tol Cipali/Bisnis-Rachman

Bisnis.com, CIREBON - Astra Tol Cipali memastikan pembangunan lajur ke-3 di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 87 +350 hingga KM 110 +359 wilayah Kabupaten Subang selesai akhir Desember 2024.

Group Chief Executive Officer Astra Infra Firman Yosafat Siregar mengatakan penambahan lajur ketiga di sebagian ruas tol Astra Infra, merupakan salah satu bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan tol Astra Infra.

"Dalam pengerjaan proyek ini, kami juga berupaya untuk tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan tol," kata Firman, Senin (12/8/2024).

Firman mengatakan sebagai investor dan operator jalan tol, Astra Infra berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan bagi pengguna jalan melalui operational excellence, salah satunya membangun lajur ketiga.

Selain Tol Cipali, kata Firman, pihaknya juga melakukan penambahan ruas di Tol Tangerang–Merak, dengan target proyek selesai pada awal tahun 2025. Pengerjaan proyek pun dimulai dari segmen Serang Barat hingga Cilegon Timur, tepatnya pada KM 77+364 sampai KM 87+164 padajalur A dan B. 

Untuk mengutamakan kenyamanan pengguna jalan, metode pelaksanaan proyek ini dilakukan secara bertahap dan dibagi menjadi empat zona demi mempercepat proses pekerjaan.

"Sebelumnya, pada Maret 2023,  Astra Infra Toll Road Cipali juga telah menyelesaikan proyek penambahan lajur ketiga pada KM 72+109 hingga KM 85+850, Rest Area KM 86, KM 101, KM 102, dan KM 130 pada kedua jalur," kata Firman.

Direktur Operasional Astra Tol Cipali Rinaldi mengatakan jumlah lajur yang ada di titik tersebut saat ini hanya ada dua. Pembangunan menjadi tiga jalur itu pun akan dilakukan untuk arah Jakarta menuju Cirebon maupun sebaliknya.

Menurut Rinaldi, pembangunan tersebut dilakukan karena mobilitas masyarakat di Tol Cipali terus mengalami peningkatan. Pada momen tertentu, ruas jalur bebas hambatan ini kerap mengalami antrean panjang.

"Ini untuk menjawab kebutuhan yang muncul akibat pertumbuhan mobilitas masyarakat. Kami berharap Tol Cipali dapat melayani lebih banyak pengguna jalan sehingga kesempatan perkembangan perekonomian wilayah pun meluas,” kata Rinaldi.

Disebutkan Rinaldi, proyek pembangunan lajur tersebut akan dilakukan selama tujuh bulan. Pelaksanaanya pun bakal  sesuai panduan teknis 3 Kementerian PUPR tentang keselamatan di lokasi pekerjaan dan panduan Menteri Perhubungan no13 Tahun 2024 tentang rambu lalu lintas.

Di lokasi proyek, lanjutnya, dipasang rambu untuk meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan saat memasuki kawasan proyek. 

Selain itu, telah dipasang pula pagar proyek daur ulang dan movable concrete barrier sepanjang KM 87 hingga KM 110 untuk memisahkan area pekerjaan dengan jalur yang digunakan oleh pengguna jalan.

"Hal tersebut bertujuan mencegah gangguan pekerjaan mempengaruhi kenyamanan berkendara pengguna jalan. Bersama Astra Infra Solutions sebagai project management consultant, konsultan supervisi, serta mitra, Astra Tol Cipali melakukan control dan monitoring untuk menjaga kualitas yang dihasilkan," katanya.

Selain itu, Astra Tol Cipali sudah membekali para petugas dengan alat safety induction & tool box meeting sebagai pengenalan terhadap lingkungan serta identifikasi potensi bahaya yang muncul di lapangan.

Pengguna jalan diimbau untuk mengurangi kecepatan kendaraan serta menjaga fokus dan jarak aman antar kendaraan. Kemudian, agar tertib dan tenang ketika melalui area proyek. 

"Dalam proses penambahan lajur ke-3, kami terus berupaya memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman bagi pengguna jalan. Upaya-upaya tersebut diwujudkan dalam penerapan traffic management plan serta memastikan pemenuhan aspek keselamatan pekerjaan,” kata Rinaldi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper