Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Ciayumajakuning Turun

Jumlah pinjaman yang disalurkan LKM pada semester I/2024 sebanyak Rp15,08 miliar, lebih rendah 2,87% dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sementara.
Ilustrasi/Dok Freepik
Ilustrasi/Dok Freepik

Bisnis.com, CIREBON - Pembiayaan yang dilakukan lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) mengalami penurunan sepanjang 2024.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon Agus Muntholib mengatakan jumlah pinjaman yang disalurkan LKM pada semester I/2024 sebanyak Rp15,08 miliar. Angka tersebut pun lebih rendah 2,87% dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sementara.

"Penurunan pun terjadi pada sisi aset dan dana pihak ketiga LKMS. Untuk aset, mengalami penurunan dari 10,23% menjadi Rp34,58 miliar. Sementara DPK, mengalami kenaikan sebesar 63,61% menjadi Rp20,22 miliar," kata Agus, Selasa (17/9/2024).

Agus mengatakan,  penurunan ini tidak bisa dilepaskan dari sejumlah faktor. Salah satunya adalah kondisi perekonomian global yang masih belum stabil pascapandemi, ditambah dengan ancaman inflasi yang turut menekan daya beli masyarakat di tingkat bawah. 

Sejak awal tahun, beberapa sektor usaha kecil mengalami stagnasi, dan banyak nasabah LKMS yang kesulitan membayar cicilan. Hal ini menyebabkan lembaga-lembaga keuangan mikro menjadi lebih berhati-hati dalam menyalurkan pembiayaan baru.

Selain itu, meningkatnya biaya operasional di sektor pertanian akibat cuaca ekstrem dan fluktuasi harga bahan pokok turut memengaruhi kelayakan usaha di mata lembaga pembiayaan. 

"Banyak petani yang mengalami gagal panen, terutama di daerah Indramayu dan Majalengka, yang mengandalkan pertanian padi sebagai sumber penghidupan utama," kata Agus.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper