Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJIS 2024: Arus Investasi Ciptakan Stabilitas Ekonomi Jabar

Dari segi pertumbuhan ekonomi, perekonomian Jawa Barat tetap stabil pada kuartal kedua 2024, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 4,95%.
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin

Bisnis.com, BANDUNG--Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin menegaskan upaya menggenjot investasi berbuah manis terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang terbilang tetap stabil.

Bey mengatakan dari segi pertumbuhan ekonomi, perekonomian Jawa Barat tetap stabil pada kuartal kedua 2024, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 4,95%. 

"Stabilitas ini sebagian besar didorong oleh sektor investasi, yang tumbuh sebesar 1,40%." katanya di West Java Investment Summit (WJIS) 2024 di Trans Luxury Hotel, Bandung, Kamis (19/9/2024).

Lebih penting lagi, menurutnya, lonjakan investasi ini telah berdampak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dari 119.866 pekerja pada semester pertama 2023 menjadi 185.967 pekerja pada paruh pertama 2024.

"Angka-angka ini dengan jelas menunjukkan hubungan langsung antara realisasi investasi dan penciptaan lapangan kerja," katanya.

Bey menunjuk realisasi investasi di Jawa Barat melonjak dari Rp103,6 triliun pada semester pertama 2023 menjadi Rp128,32 triliun pada semester pertama 2024. Peningkatan ini menunjukkan daya tarik provinsi ini dan keberhasilan dalam menciptakan iklim investasi yang baik.

"Lebih penting, kenaikan investasi ini berdampak langsung pada penciptaan lapangan kerja,: ujarnya.Pada semester pertama 2023, sebanyak 119.866 orang terserap di dunia kerja, dan jumlah ini meningkat tajam menjadi 185.967 orang pada semester pertama 2024. 

Karena itu Bey memastikan adanya hubungan langsung antara investasi dan penyerapan tenaga kerja memperlihatkan peran penting investasi dalam pertumbuhan ekonomi Jawa Barat.

Menurutnya perkembangan ekonomi Jawa Barat bukan hanya soal angka, tapi juga soal meningkatkan kualitas hidup, membuka peluang, dan membangun masa depan yang lebih baik. Sejak 2010, pertumbuhan ekonomi stabil di angka 5-6% dengan pendapatan per kapita berkisar antara US$2.300 hingga US$2.500.

"Kemajuan ini terus berlanjut, membangun fondasi kuat untuk pengembangan di masa depan," katanya.

Konten ini merupakan bagian pemberitaan dari program Jelajah Investasi Jabar, perjalanan jurnalistik Bisnis Indonesia Perwakilan Jawa Barat yang didukung oleh DPMPTSP Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Jabar, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Bank BJB, XL Axiata, dan Eiger.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper